January 17, 2021

5G teknologi mobile broadband yang dapat merubah dunia

5G Internet of Thing

5G akhirnya menjadi kenyataan setelah beberapa dekade perencanaan oleh beberapa perusahaan telekomunikasi dunia, mungkin kita akan bertanya apakah yang dimaksud dengan 5G dan bagaimana cara mendapatkan teknologi tersebut. Sepertinya memang banyak pertanyaan lagi seperti device apa yang telah dilengkapi 5G dan operator serta kota dan daerah mana yang telah didukung oleh teknologi 5G. Kita akan mengulas beberapa hal mengenai teknologi 5G

Apa itu 5G

5G adalah teknologi mobile broadband yang pada akhirnya akan menggantikan teknologi 4G LTE, dengan 5G kita akan mendapatkan kecepatan yang tinggi untuk mendownload dan mengupload serta latensi dan waktu yang dibutuhkan komunikasi nirkabel berkurang secara drastis sekitar 1-4 ms

Bagaimana 5G bekerja

Tidak seperti 4G LTE, 5G bekerja pada tiga spektrum yang berbeda, hal ini akan memberikan efek lebih tinggi dan juga performa yang maksimal untuk layanan lebih luas dan lebih cepat.

  • Pada spektrum rendah, 5G dapat menjangkau pada daerah perkotaan, setidaknya gedung dan dinding tidak menjadi penghalang akan tetapi kecepatan maksimal hanya mencapai 100mbps, T-Mobile merupakan operator USA yang menguasai spektrum rendah.
  • Spektrum mid-band memberikan kecepatan lebih cepat dan latensi lebih rendah daripada low-band. Namun, sulit menembus bangunan tidak seefektif spektrum low-band. kecepatan puncak hingga 1Gbps pada spektrum mid-band.
  • Spektrum high-band memberikan kinerja tertinggi untuk 5G, Spektrum high band dapat memberikan kecepatan puncak hingga 10Gbps dan memiliki latensi yang sangat rendah. Kelemahan utama dari high-band adalah memiliki area cakupan yang rendah dan penetrasi bangunan buruk. Itu berarti bahwa untuk membuat jaringan high-band yang efektif akan membutuhkan banyak sel/BTS berdaya rendah.

Manfaat dari 5G

Meningkatkan broadband
Perpindahan ke 5G tidak diragukan lagi akan mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi setiap hari, dan itu kebutuhan mutlak jika kita ingin terus menggunakan broadband seluler. sebagai contoh Operator kehabisan kapasitas atau daya LTE di banyak wilayah metropolitan. Di beberapa kota, pengguna sudah mengalami pelambatan selama waktu jam sibuk. 5G menambahkan sejumlah besar spektrum yang belum digunakan untuk lalu lintas broadband komersial.

broadband illustrasi

Kendaraan Autonomous
kendaraan akan berkomunikasi dengan kendaraan lain di jalan, memberikan informasi ke mobil lain tentang kondisi jalan, dan memberikan informasi kinerja kepada pengemudi dan manufacrure. Jika mobil mengerem dengan cepat di depan, mobil Kita dapat segera melakukan pencegahan tabrakan. Jenis komunikasi kendaraan-ke-kendaraan ini pada akhirnya dapat menyelamatkan ribuan nyawa.

atonomus car ilustrasi

Keamanan dan infrastruktur publik
5G akan memungkinkan sebuah kota beroperasi lebih efisien. Perusahaan utilitas akan dapat dengan mudah melacak sensor sehingga dapat memberi tahu departemen pekerjaan umum ketika banjir atau lampu jalan padam, dan juga pemerintah kota akan dapat dengan cepat dan mudah memasang kamera cctv.

smartcity concept

Remote Control
Karena 5G memiliki latensi yang sangat rendah, kendali jarak jauh alat berat akan menjadi kenyataan. Meskipun tujuan utamanya adalah untuk mengurangi risiko di lingkungan berbahaya, ini memungkinkan teknisi dengan keterampilan khusus untuk mengontrol mesin dari mana saja di dunia.

Cat Remote