January 17, 2021

Tutorial Dialux Light Wizard

1. Open Dialux wizard seperti gambar dibawah ini.

Gambar diatas merupakan Dialux wizard, adalah cara cepat perhitungan lux lighting pada sebuah ruangan dengan menggunakan single luminaire atau satu jenis lampu. Setelah membuka Dialux wizard lalu klik tombol NEXT.

Lalu muncul halaman information yang berisi mengenai detail project dan juga detail operator atau produsen lampu, halaman sebelah kanan adalah berisi informasi produsen lampu lalu halaman sebelah kiri berisi informasi mengenai user atau customer. Setelah semua sudah diisi lalu klik tombol next.

Lalu akan muncul halaman data input,

  • Pada Room Geometry berisi parameter atau ukuran panjang, lebar dan tinggi ruangan, serta juga di Room Geometry dapat memodifikasi bentuk ruangan dengan pilihan Use-L-Shaped Room.
  • Luminaire Selection yaitu berfungsi untuk memasukan file IES yang akan kita gunakan, jika file IES masih kosong maka kita harus memasukannya pada tombol catalog – my database – import, lalu atur files of Type menjadi All Files agar file IES dapat terseleksi. Setelah file IES terseleksi lalu klik open dan dimasukan ke database.
  • Reflection Factor adalah pengaturan untuk pewarnaan karakter dinding (Walls), plafon (Ceiling), dan lantai (Ground), sebagai contoh jika kita ingin dinding berwarna kuning, maka kita harus mengaturnya pada kolom Reflection Factor, begitu pula dengan plafon dan lantai dengan cara yang sama.
  • Room Parameter adalah pengaturan untuk jenis ruangan, karena ruangan hotel atau pabrik pasti akan berbeda karakternya. Sebagai contoh jika ingin menghitung lux / Isoline pada Lobby Hotel, maka kita pilih yang Clean Room 3 Years Maintenance.
  • Luminaire Mounting yaitupengaturan untuk tata letak sebuah lampu. Surfaced Mounting merupakan pilihan standard pada software Dialux dan juga ukuran standard pemasangan lampu. Ada garis merah yang merupakan Workplane yang merupakan standard jarak dari lantai pada meja kerja. 

Setelah semua selesai lalu klik tombol next dan akan muncul halaman Calculation and Results

Calculation and Result adalah halaman untuk mengatur jumlah titik lampu pada sebuah ruangan yang telah diatur sebelumnya. 

  • Calculation Parameters merupakan penentuan standard lux berapa yang akan dibutuhkan, untuk Indonesia acuan lux dapat melihat tabel standard SNI Pencahayaan.
  • Horizontal Arrangement merupakan pengaturan tata letak secara garis lurus, 
  • Jika Vertikal Arrangement merupakan pengaturan tata letak lampu secara garis lurus keatas.Arrangement Parameter merupakan pengaturan tata letak rumah lampu atau housing lampu. 
  • Untuk Isoline Lines kita pilih otomatis saja.

Setelah selesai maka klik calculate untuk menghasilkan Isoline lighting atau result

Gambar diatas merupakan hasil setelah kita mengklik Calculate Setelah muncul gambar diatas maka klik next untuk menghasilkan laporan file PDF

Setelah muncul halaman Result Page maka kita dapat melihat file laporan PDF dengan mengklik Print Preview, maka akan menghasilkan file report dibawah ini.

Gambar diatas merupakan salah satu files laporan dari Dialux Wizard yang dapat kita print langsung atau print to PDF.